Suggestions Memulai Bisnis On-line, Apakah Mungkin Membuka Usaha Dengan Modal Kecil?

Hasil saya bikin kue, saya bawa ke arisan atau pengajian sebagai buah tangan. Kemudian saya men­coba modifikasi dari rasa, bentuk sampai mencoba dengan bahan cokelat. Akhirnya saya mulai mene­rima pesanan dan mencoba merintis usaha dari kue ini,” ujar Yanthi. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah perlu diberikan edukasi mengenai perkembangan dunia bisnis, terutama bagaimana menjalankan bisnis di tengah pandemi. Hal itu disampaikan Direktur Utama Bank Republik Indonesia (BRI Sunarso dalam webinar Jaga UMKM Indonesia pada Kamis, (5/8) kemarin.

Terlebih jika bisa membuat kerajinan tangan sendiri keuntungan yang didapatkan pun akan jauh lebih besar. Di tengah zaman di mana quantity kendaraan begitu padat, tentunya hampir seluruh penduduk Indonesia menggunakan motor untuk aktivitas kesehariannya. Dapat terlihat bahwa dari keadaan tersebut, peluang untuk membuka bisnis bengkel dan tambal ban tentunya sangat menjanjikan.

Inilah contoh yang diberikan oleh Deasy Esterina, pemilik bisnis ramah lingkungan Kreskros, ketika memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang baik. Jika kondisi pariwisata berjalan dengan lancar, atau pada masa liburan maka pemasukan dari penyewa resort akan lancar. Karena itulah ketika anda mengeluarkan modal untuk membangun lodge dan disewakan, maka modal yang anda keluarkan akan kembali dalam jagka waktu yang relatif cepat.

Kamu bisa menjual berbagai jajanan pasar mulai dari risol, pastel, lemper, dan arem-arem. Membuka warung kopi atau biasa disebut warkop menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Kamu dapat memperoleh untung sekitar 50% dari modal yang kamu keluarkan.

Awal bisnisnya didasari pemikiran bahwa “kuantitas mencuci baju yang lebih sering dari membeli baju”. Anda bisa memulainya dengan barang yang nilainya tidak terlalu tinggi dulu. Selama barang antik tersebut diinginkan oleh konsumen, bisnisnya akan terus berjalan.

Modal sebesar itu juga hanya untuk papan tulis, spidol dan penghapus, plus modul belajar saja. Dalam membangun sebuah bisnis, modal besar bukanlah satu-satunya syarat mutlak yang harus dipenuhi. Bagi Anda yang akan merintis usaha bisnis, tidak perlu berkecil hati jika tidak memiliki modal yang besar. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjalankan usaha modal kecil yang memiliki untung besar.

Jangan terburu-buru ingin menambah keuntungan dengan memulai usaha kedua. Pastikan usaha yang saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Setelah menentukan produk, maka persiapkan rencana yang matang serta visi dan misi yang jelas. Dengan menentukan rencana serta visi misi, Anda mempunyai gambaran serta tujuan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari target pasar, rencana pemasaran dan lain sebagainya.

Keuntungan lain dari menjalankan usaha kecil yaitu pemilik bebas mengatur strategi bisnisnya sendiri. Apalagi jika kamu mampu mengelola banyak usaha kecil sekaligus. Dengan begitu kamu tidak hanya akan mendapatkan penghasilan dari satu bisnis usaha saja. Mengelola uang memang bukan perkara mudah dalam bisnis, terlebih dengan bisnis kecil yang tentu saja keuntungan awalnya tidak begitu banyak. Catat dengan baik segala pemasukan dan pengeluaran untuk memudahkan analisis perkembangan bisnismu.

Bisnis dengan modal yang sedikit

Langkah selanjutnya adalah mengeksekusi ide bisnismu dan mulai menjalankannya. Selain itu, keuangan usaha kecil dengan keuangan pribadi juga perlu dipisah dan dicatat dengan baik. Sebab jika tidak memiliki perhitungan yang jelas, uang pribadi dan uang usaha akan bercampur. Ini akan menyulitkan penghitungan untung dan rugi dari bisnis yang dijalankan. Usaha kecil juga dapat membantu meningkatkan perekonomian rumah tangga dengan membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar.