Karakteristik Budaya Organisasi

Melalui pendekatan budaya, mereka menciptakan doktrin terhadap agamanya bahwa bermalas-malasan dan membuang-buang waktu adalah dosa yang paling utama. Ada pun konsep lainnya yang menyatakan bahwa bekerja adalah sebuah panggilan yang membuat pengikutnya bekerja sungguh-sungguh untuk memuliakan Tuhan yang mereka sembah. Yang terjadi hari ini di UI sendiri justru waktu kuliah itu mahasiswa fokus mendapat nilai, tapi lupa untuk kerja tim. Kolaborasi mahasiswa harus menjadi terbuka dan sekat fakultas akan kami coba hilangkan agar mahasiswa punya interpersonal talent.

Membentuk suatu kelompok, dan tim untuk suatu pekerjaan

Semua anggota tim berperan aktif sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Rasa tanggung jawab menghindarkan anggota tim dari sikap saling menyalahkan ketika terjadi masalah. Tanggung jawab menyebabkan beban yang dipikul tim menjadi lebih ringan, karena semua orang mengambil bagian untuk memikulnya. Mulyana memperhatikan produk baru kinerja tim, diidentifikasi sejumlah faktor mengemudi dimana dapat dihubungkan dengan kinerja efektif, digambarkan dalam terminologi umum sebagai produk sukses baru. Tim tersebut dibentuk dari kumpulan beberapa orang yang sebelumnya belum pernah berkumpul membentuk tim satu sama lain.

Dengan semakin banyaknya ketrampilan yang dimiliki pegawai, maka akan lebih fleksibel dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan kemungkinan adanya perubahan yang terjadi dilingkungan organisasi. Misalnya bila organisasi memerlukan pegawai dengan kualifikasi tertentu, maka organisasi tidak perlu lagi menambah pegawai yang baru, oleh Karena pegawai yang dimiliki sudah cukup memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut. Visi yang sama tetapi tidak diikuti dengan komitmen yang sama dalam kerjasama tim, tentu tidak akan membuahkan hasil yang berarti. Jika telah memiliki kesamaan visi hendaknya diikuti dengan komitmen untuk bekerja semaksimal mungkin sesuai peranan masing-masing dalam teamwork demi keberhasilan bersama. Minta anggota tim yang lain untuk berdiri pada jarak 10 meter, di belakang garis yang telah disiapkan.

Misalnya, apakah mereka menyukai komunikasi melalui teks, lisan dengan telepon, atau tatap muka? Selain itu, pemimpin yang baik juga menjadi pendengar yang hebat dan menarik bagi orang lain. Fungsi ini erat hubungannya dengan dokumen yang berhubungan juga dengan fungsi management dan pengendaliannya. Bagi perusahaan yang telah menggunakan ISO akan sangat membutuhkan hal ini. Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan.

Sebuah proses komunikasi bisa saja gagal, jika para pelakunya justru malah saling salah paham, bahkan hingga mengalami ketegangan. Pengorganisasian dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi, sehingga penyelesaian masalah kelompok menjadi lebih efektif dan efisien. Anggota kelompok kerja mengumpulkan seluruh stafnya dan menjelaskan mengenai isi dokumen tersebut. Kesempatan ini dapat juga digunakan untuk mendapatkan masukan-masukan dari lapangan yang bersifat teknis operasional.

Kerja tim merupakan kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai goal yang sudah disepakati untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Selain itu, dengan sistem penghargaan, anggota tim yang lain pun akan terpacu untuk memberi yang terbaik. Sehingga diharapkan nantinya, semuanya akan bekerja secara optimal dan mampu mencapai tujuan secara bersama-sama. Karena itu, dalam usaha membangun kerja tim yang strong, mutlak harus sering melakukan kegiatan bersama. Baik melalui assembly pagi atau pertemuan lain yang dilakukan oleh seluruh anggota tim kerja. Sehingga setiap orang akan mengerti tugas dan target yang harus dilaksanakan.

Mereka harus memiliki komitmen terhadap tugas-tugas tersebut dan kejelasan tentang kontribusi individu. Hubungan inside yang positif; Banyak kendala serta kelemahan anggota dalam tim yang dapat mengakibatkan ketegangan dalam hubungan dan hadir ke permukaan sebagai perilaku yang buruk, kekurangpercayaan dan perebutan kekuasaan. Maka hubungan internal yang positif sangat mempengaruhi kefektifan suatu tim. Mampu berkomunikasi dengan baik; Setiap anggota tim harus mampu bekerjasama dengan anggota lainnya, sehingga tidak terjadi munculnya miss komunikasi dengan anggota tim yang lainnya. Pemimpin yang baik; Pemimpin dibutuhkan untuk mengatur hubugan inside dan eksternal dari anggota tim dan untuk menghadapkan tim ke tujuan bersama.